Adsense

Monday 27 March 2017

GAYA LIFT, WEIGHT, THRUST & DRAG

GAYA LIFT, WEIGHT, THRUST & DRAG

Pesawat terbang ketika sedang terbang akan mengalami 4 buah gaya (forces).

Gaya-gaya ini timbul karena beberapa faktor yang di sebabkan oleh pesawat terbang itu sendiri maupun karena faktor diluar pesawat terbangnya.

Adapun gaya-gaya tersebut adalah :

1. LIFT, atau gaya angkat - gaya ini timbul karena adanya efek pergerakan pesawat terbang dan wing (sayap) pesawat terbang. Arah gaya angkat atau LIFT tegak lurus 90 derajat keatas terhadap arah terbang pesawat terbang (direction of flight).

2. WEIGHT, atau gaya berat - gaya ini timbul atau ada karena setiap benda memiliki berat. Arah gaya berat atau WEIGHT tegak lurus 90 derajat kebawah terhadap arah terbang pesawat terbang (direction of flight).

3. THRUST, atau gaya dorong - adalah gaya yang ditimbulkan atau dihasilkan oleh mesin pendorong. Jenis mesinnya bisa mesin piston atau mesin turbin, sedangkan penggeraknya bisa berupa propeler (baling-baling) atau turbo jet. Arah gaya dorong atau THRUST searah dengan arah terbang pesawat terbang.

4. DRAG, atau gaya hambat - adalah gaya yang timbul dikarenakan setiap benda padat yang bergerak akan mengalami hambatan ketika benda tersebut bergerak. Arah gaya hambat berlawanan arah dengan THRUST atau berlawanan arah dengan arah terbang pesawat terbang.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat lihat pada ganbar berikut dibawah ini :



LIFT, WEIGHT, THRUST, DRAG








SEMOGA BERMANFAAT




Semua tulisan di blog ini semata-mata hanya untuk berbagi informasi, menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat umum.
Sumber: Pilot's Handbook of Aeronautical Knowledge, U.S. Department of Transportation, Federal Aviation Administration, 2008.


No comments:

Post a Comment