Adsense

Sunday 19 March 2017

6 (ENAM) BASIC INSTRUMEN TERBANG

ENAM BASIC INSTRUMEN TERBANG

Pesawat terbang adalah salah satu wahana yang digunakan untuk keperluan angkutan orang maupun barang dari satu tempat ke tempat lain melalui udara, yang berangkat dari satu bandar udara dan tiba di bandar udara lainnya.

Seperti halnya semua wahana yang beroperasi baik yang di darat, di laut maupun di udara, dalam pengoperasiannya pasti akan di lengkapi dengan beberapa komponen termasuk mesin, kemudi, kontrol, instrumen dan lain-lain agar dapat di operasikan dengan mudah, aman dan nyaman.

Demikian juga dengan pesawat terbang yang ketika beroperasi, agar dapat dikendalikan dan di monitor arah serta pergerakannya dengan baik dan benar, maka didalam kokpit (cockpit) pesawat terbang dilengkapi dengan beberapa instrumen untuk terbang.

Ada 6 (enam) instrumen terbang yang sangat mendasar (basic) yang digunakan oleh Pilot ketika sedang mengemudikan pesawat terbang, ke 6 instrument ini juga dikenal dengan BASIC SIX (6), yaitu :
1. Air Speed Indicator, adalah instrumen penunjuk atau indikator kecepatan pesawat terbang, relatif terhadap udara. Satuannya yang tertunjuk pada instrumen adalah KNOTS atau Nautical Mile per Hour (mil per jam).
2. Artificial Horizon atau Attitude Indicator, adalah instrumen penunjuk atau indikator sikap/ perilaku pesawat terbang ketika sedang terbang.
3. Altimeter, adalah instrumen penunjuk atau indikator ketinggian pesawat terbang, relatif terhadap permukaan bumi. Satuannya adalah FEET (kaki).
4. Turn & Bank Co-ordinator, adalah instrumen penunjuk atau indikator koordinasi antara belok dan kemiringan pesawat terbang ketika sedang berbelok (turning).
5. Directional Gyro Indicator atau Heading Indicator, adalah instrumen penunjuk atau indikator arah berdasarkan magnetic compass (kompas magnet). Satuannya dalam DEGREEs (derajat).
6. Vertical Speed Indicator, adalah instrumen penunjuk atau indikator kecepatan menanjak dan menurun pesawat terbang ketika sedang naik atau turun dari suatu ketinggian ke ketinggian tertentu. Satuannya dalam FEET PER MINUTE (kaki per menit).

Itulah ke 6 (enam) instrument untuk terbang yang paling basic sekali yang digunakan untuk keperluan terbang.

Berikut adalah gambar tampilan dari ke enam instrumen tersebut diatas. Nama-namanya sesuai dengan urutan pada penjelasan diatas :








SEMOGA BERMANFAAT


Semua tulisan di blog ini semata-mata hanya untuk berbagi informasi, menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat umum.
Sumber: Pilot's Handbook of Aeronautical Knowledge, U.S. Department of Transportation, Federal Aviation Administration, 2008.


4 comments: